peta

Peta Bangunan Cagar Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta

Peta Bangunan Cagar Budaya di DIY

Berdasarkan data Tim Inventarisasi dan Pemetaan Benda Cagar Budaya yang dikoordinasikan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2006 – 2007, di D.I. Yogyakarta (DIY) terdapat sejumlah 505 lokasi Benda Cagar Budaya (BCB) tak bergerak, 751 BCB bergerak, dan 5 buah situs. Dari jumlah tersebut, hingga tahun 2007, hanya 40 buah BCB yang sudah mendapatkan status resmi sebagai BCB berdasarkan Undang-Undang No. 5 Tahun 1992 tentang Benda Cagar Budaya (UU BCB).

Masih banyak situs dan BCB penting yang belum teresmikan sebagai BCB di DIY. Memang secara umum, dan moral, tinggalan sejarah dan purbakala itu terlindungi oleh UU BCB. Namun, tanpa status resmi BCB berdasarkan surat keputusan menteri sebagaimana diatur dalam UU BCB, keberadaan BCB itu tetaplah rentan. Berbagai tindakan yang tidak berujung pada pelestarian akan mudah terjadi pada benda-benda tersebut. Komitmen pemerintah daerah diuji di sini; untuk segera memastikan status begitu banyak situs dan benda bersejarah yang bernilai tinggi itu.

Cagar budaya yang dipetakan adalah bangunan atau situs yang telah mendapatkan status BCB berdasarkan UU BCB. Peta BCB di DIY ini dibuat berdasarkan lampiran pada artikel berjudul Pencagarbudayaan di Daerah Istimewa Yogyakarta yang ditulis oleh Kepala Pokja Perlindungan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Yogyakarta Ari Setyastuti. Artikel tersebut pertama kali dipresentasikan dalam diskusi panel sosialisasi Benda Cagar Budaya (BCB) di Daerah Istimewa Yogyakarta, diselenggarakan oleh Jogja Heritage Society, pada tanggal 11 September 2007 di Museum Sonobudoyo Yogyakarta.

GoogleMap ini akan dilengkapi datanya secara bertahap.
Seri peta per Kawasan Cagar Budaya (KCB) yang meliputi 13 kawasan cagar budaya di D.I. Yogyakarta akan disusulkan. Peta-peta itu akan merekam sebaran titik bangunan dan tinggalan budaya penting pada saat ini, yang sebagian besar diantaranya belum resmi berstatus cagar budaya.

Peta serupa sebenarnya sudah ada dan dikelola oleh Dinas Kebudayaan Provinsi D.I. Yogyakarta. Peta itu bisa diakses di website http://www.disbudpar-diy.go.id/ .

GoogleMaps ini sendiri diharapkan bisa menjadi peta potensi cagar budaya yang bisa diakses oleh publik secara bebas. Kirimkan alamat e-mail Anda ke e-mail saya untuk mendapatkan undangan kolaborasi pembaruan isi GoogleMaps. Sila koreksi dan informasikan perkembangan terkini setiap situs atau bangunan cagar budaya ke e-mail:
joeyakarta@yahoo.com
joeyakarta@gmail.com
greenmapper_jogja@yahoo.com

Ikon yang dipakai dalam peta ini adalah ikon Green Map Versi 2 tahun 1999. Digunakan dengan izin dari Green Map System.

Elanto Wijoyono

6 thoughts on “peta

  1. bela

    ingat kata Soekarno!!!!!!!!
    bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah.
    jadi mari lestarikan peninggalan sejarah!!!!!!!!!

    Reply
  2. Billy Gunterman

    Hallo Joyo,

    I seach for information on heritage or protected areas in Yogya. Can you help me? See you middle of this week.

    Bye from Billy

    Reply
    1. joeyakarta Post author

      Itu peta sudah lama sekali aku bikin. Kok malah hilang link-nya ya. Ada juga yg aku bikin di sistem Open Green Map. Sudah lama tak aku tengok lagi.

      Peta museum Kang Boim menarik. Aku jg pernah bikin. Kita bs bantu Barahmus DIY dengan peta itu🙂

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s