Habiskan Anggaran Besar, Trotoar Baru Jl. Pasar Kembang Sulit Diakses Warga Difabel

Revitalisasi trotoar Jl. Pasar Kembang, Yogyakarta oleh PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) selama kurun waktu 2017-2018 ternyata belum menghasilkan aksesibilitas yang baik. Warga difabel masih kesulitan untuk mengakses trotoar baru yang dibangun dengan anggaran sekitar Rp 1 miliar itu. Pemasangan bollard (patok/tiang pembatas) yang ditujukan untuk mencegah penyalahgunaan trotoar, justru menghalangi guidingblock tunanetra dan terlalu sempit untuk dilalui kursi roda.

PT KAI saat ini telah menyelesaikan pembangunan trotoar sepanjang 150 meter di sisi selatan Stasiun Yogyakarta, dari rencana total 800 meter yang akan dikerjakan dalam tiga tahap. Trotoar itu akan menghubungkan Malioboro di sisi timur dan pintu selatan stasiun di sisi barat. Revitalisasi trotoar ini menjadi bagian dari proyek penataan Stasiun Yogyakarta yang akan menghabiskan total anggaran sebesar Rp 6-7 triliun. Anggaran untuk proyek revitalisasi trotoar sendiri mencapai Rp 15 miliar. Executive Vice President PT KAI Daop 6 Yogyakarta Hendy Helmi menyebutkan kepada media, anggaran itu berasal dari PT KAI dan Keraton Yogyakarta. Pengembangan Stasiun Yogyakarta sebagai Transit Oriented Development (TOD) merupakan kesepakatan antara Pemerintah Provinsi DIY, Pemerintah Kota Yogyakarta, Kraton Yogyakarta, PT KAI (Persero), dan PT HK (Persero).

Pemerintah Kota Yogyakarta mengawasi proyek revitalisasi trotoar Jl. Pasar Kembang ini agar tetap sejalan dengan program penataan kawasan Malioboro. Ketersediaan fasilitas trotoar yang terkelola dengan baik dan benar telah menjadi perhatian pemerintah kota. Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Yogyakarta Tahun 2017 – 2022 mencatat, secara fisik trotoar di Yogyakarta telah mencapai 184 kilometer (2016) dari total 248 km panjang jalan di Kota Yogyakarta. Sejumlah 14,45% di antaranya telah dilegkapi dengan fasilitas guidingblock bagi warga difabel dan 85,55% sisanya belum ada tegel difabel.

P_20190210_163317

Survei trotoar Jl. Pasar Kembang, Yogyakarta pada Sabtu, 10 Februari 2019 oleh penulis bersama Bapak I Made Sudana.

Meskipun demikian, Pemerintah Kota Yogyakarta mengakui masih banyak trotoar yang tidak dapat digunakan dengan baik dan benar. Banyak trotoar yang rusak dan membahayakan pengguna. Penyalahgunaan ruang trotoar untuk pedagang kaki lima (PKL) dan parkir juga menjadi masalah sehingga pejalan kaki terpaksa memanfaatkan badan jalan untuk berjalan kaki. Proyek revitalisasi trotoar Jl Pasar Kembang didukung pemerintah kota karena dapat membantu penyelesaian masalah mobilitas perkotaan di atas.

Trotoar baru di Jl Pasar Kembang ini dipugar tidak tanpa pengorbanan. Sebelumnya, ruang trotoar ini dipenuhi oleh kios, lapak PKL, dan parkir, sehingga sangat sulit diakses pejalan kaki. PT KAI Daop 6 Yogyakarta mendata ada 123 kios di jalan sisi selatan stasiun tersebut dan dibongkar secara bertahap. Bahkan pada sisi barat, kantor kecamatan dan kantor kepolisian Gedongtengen pun berada di lahan PT KAI yang akan direvitalisasi menjadi trotoar. Penolakan sempat muncul dari paguyuban PKL yang telah lebih dari 30 tahun membuka usaha di sepanjang Jl Pasar Kembang. Didampingi oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yogyakarta, kasus penggusuran paksa PKL ini diajukan sebagai gugatan ke Pengadilan Negeri Kota Yogyakarta dan Ombudsman Republik Indonesia. Namun, gugatan itu ditolak majelis hakim pada November 2018. Ratusan pedagang harus rela digusur tanpa tawaran relokasi dan tali asih/ganti rugi yang sangat kecil.

Proses pembenahan ruang publik oleh otoritas akan selalu menemui banyak tantangan karena ada banyak kepentingan para pihak yang harus dipenuhi. Proyek ini seharusnya tidak ditujukan untuk sekedar melakukan “beautifikasi” ruang publik demi kepentingan wisata, tetapi benar-benar untuk meningkatkan aksesibilitas seluruh warga. Peraturan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta No. 4 Tahun 2012 tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas dan diperkuat dengan UU No 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas jelas memandatkan secara tegas bahwa aksesibilitas tersebut juga wajib memenuhi hak warga difabel, sebagai salah satu wujud kesamaan kesempatan bagi semua orang. Pemerintah Kota Yogyakarta tak boleh lepas tangan. Komitmen Pemerintah Kota Yogyakarta untuk menjadikan Yogyakarta sebagai Kota Inklusi secara penuh pada 2022 harus dimulai dari memastikan setiap unsur aksesibilitas bagi warga difabel yang diselenggarakan oleh para pihak (stakeholders) dapat terpenuhi.

Jadi, dengan besarnya anggaran publik yang terserap dan juga besarnya pengorbanan ratusan PKL yang merelakan hilangnya ruang usaha mereka, seharusnya dihargai dengan komitmen penyelenggaraan fasilitas terbangun yang terjamin kualitasnya. Jika fasilitas yang dibangun tetap mengandung kesalahan, baik pada kualitas proses, desain, maupun material, kerugian yang didapatkan oleh warga sebagai pembayar pajak kepada negara menjadi berlipat-lipat. Respon yang diharapkan muncul dari PT KAI dan Pemerintah Kota Yogyakarta diharapkan tidak hanya bersifat reaktif saat ada laporan publik, tetapi juga memastikan kualitas proses dan hasil tindak lanjut proyek revitalisasi trotoar di Jl Pasar Kembang ke depan dapat berjalan dengan benar dan akuntabel sejak awal perencanaan hingga selesai pembangunan.

P_20190210_163435

Survei trotoar Jl. Pasar Kembang, Yogyakarta pada Sabtu, 10 Februari 2019 oleh penulis bersama Bapak I Made Sudana.

Video (https://www.youtube.com/watch?v=du8lPlHOW_c): Survei aksesibilitas trotoar Jl. Pasar Kembang pada Minggu, 10 Februari 2019 sore bersama Bapak Made Sudana, Ibu Tari Made Sudana, Ibu Yuktiasih Proborini, dan Mas Bagus Bacep Sumartono.

Elanto Wijoyono
di Yogyakarta

 

Daftar Rujukan

Cyril. (2017, 15 Juni). Jalur Pedestrian Hubungkan Stasiun Tugu hingga Malioboro. diakses dari CDN; CendanaNews. Rubrik Infrastruktur. https://www.cendananews.com/2017/06/jalur-pedestrian-hubungkan-stasiun-tugu-hingga-malioboro.html

Hanafi, Ristu (2018, 5 April). PN Yogya Sidangkan Gugatan Eks Pedagang Pasar Kembang vs PT KAI. diakses dari DetikNews. Rubrik Berita Jawa Tengah. https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3955513/pn-yogya-sidangkan-gugatan-eks-pedagang-pasar-kembang-vs-pt-kai

Hanafi, Ristu. (2018, 12 November). Sengketa Gusuran Kios, PN Yogya Tolak Gugatan Pedagang Sarkem. diakses dari DetikNews. Rubrik Berita Jawa Tengah. https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-4298175/sengketa-gusuran-kios-pn-yogya-tolak-gugatan-pedagang-sarkem

Hardi, Ardi Teristi. (2017, 4 Juli). PT KAI Tata Kawasan Jalan Pasar Kembang Yogyakarta. diakses dari MediaIndonesia.com. Rubrik Nusantara. http://mediaindonesia.com/read/detail/111447-pt-kai-tata-kawasan-jalan-pasar-kembang-yogyakarta

Hasanudin, Ujang. (2018, 19 Februari). Pemkot Jogja Minta KAI Percepat Penataan Jalan Pasar Kembang. diakses dari StarJogja.com. Rubrik Kota Jogja. https://www.starjogja.com/2018/02/19/pemkot-jogja-minta-kai-percepat-penataan-jalan-pasar-kembang/

Hasanudin, Ujang. (2018, 3 Maret). Pemkot Jogja Menolak Trotoar Pasar Kembang Dikurung Pagar. diakses dari HarianJogja.com. Rubrik Jogjapolitan. https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2018/03/03/510/899471/pemkot-jogja-menolak-trotoar-pasar-kembang-dikurung-pagar

Kur. (2018, 19 September). Tahun 2022 Seluruh Kecamatan di Kota Yogya Jadi Kecamatan Inklusi. diakses dari TribunJogja.com. Rubrik Kota Yogyakarta. diakses dari http://jogja.tribunnews.com/2018/09/19/tahun-2022-seluruh-kecamatan-jadi-kecamatan-inklusi.

Margana, Kurniawan Sapta. (2016, 16 Desember). Bappeda Kota Yogyakarta Gelar Training dan Workshop Perencanaan Kota Inklusi. diakses dari Portal Pemerintah Kota Yogyakarta. Rubrik Info Kota. https://warta.jogjakota.go.id/news/Bappeda-Kota-Yogyakarta-Gelar-Training-dan-Workshop-Perencanaan-Kota-Inklusi

Permana, Sukma Indah. (2017, 31 Juli). Surati PT KAI, ORI DIY Minta Penjelasan Soal Penggusuran Kios Sarkem. diakses dari DetikNews. Rubrik Berita Jawa Tengah. https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3580558/surati-pt-kai-ori-diy-minta-penjelasan-soal-penggusuran-kios-sarkem

PT KAI. (2018, 29 Oktober). Transit Oriented Development Akan Hadir di Stasiun Yogyakarta. diakses dari KAI.id. Rubrik Publikasi-Berita. https://kai.id/information/full_news/1849-transit-oriented-development-akan-hadir-di-stasiun-yogyakarta

Rabbani, Gilang. (2016, 17 Agustus). Wajah Stasiun Tugu akan Berubah. diakses dari TribunJogja.com. Rubrik Kota Yogyakarta. http://jogja.tribunnews.com/2016/08/17/wajah-stasiun-tugu-akan-berubah

Raharjo, Edzan. (2017, 4 Juli). Besok Digusur, Pedagang di Pasar Kembang Yogya Siap Bertahan. diakses dari DetikNews. Rubrik Berita Jawa Tengah. https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3548191/besok-digusur-pedagang-di-pasar-kembang-yogya-siap-bertahan

Rahmasari, Rosiana Dini, dkk. (2018, 10 Desember). Pemerintah Yogyakarta Peduli dengan Teman Difabel. diakses dari NewsLab UAJY; Situs Warta Atma Jogja. http://newslab.uajy.ac.id/2018/12/10/pemerintah-yogyakarta-peduli-dengan-teman-difabel/

Rep-03/Ed-03. (2016, 18 Oktober). Ini Target Pembangunan fasilitas pedestrian di Selatan Stasiun Tugu Yogya. diakses dari KabarKota.com. Rubrik Bisnis. https://kabarkota.com/ini-target-pembangunan-fasilitas-pedestrian-di-selatan-stasiun-tugu-yogya/

Rusqiyati, Eka Arifa. (2018, 30 Januari). KAI Diharapkan Selesaikan Pedestrian Stasiun Tugu. diakses dari Antara Yogya. Rubrik Jogja. https://jogja.antaranews.com/berita/352342/kai-diharap-selesaikan-pedestrian-stasiun-tugu

Sabandar, Switzy. (2016, 26 Desember). Trotoar Ditata, PKL Sarkem Yogya Bongkar Kiosnya Sendiri. diakses dari Liputan6.com. Rubrik Regional Jawa tengah-DIY. https://www.liputan6.com/regional/read/2688165/trotoar-ditata-pkl-sarkem-yogya-bongkar-kiosnya-sendiri

Setyawan, Priyo. (2018, 30 Januari). Pedagang Pasar Kembang Yogyakarta Gugat PT KAI Rp101 Miliar. diakses dari Sindonews.com. Rubrik Daerah Istimewa Yogyakarta. https://daerah.sindonews.com/read/1277778/189/pedagang-pasar-kembang-yogyakarta-gugat-pt-kai-rp101-miliar-1517244060

Tam. (2018, 30 Oktober). Yogyakarta Kembangkan Stasiun Tugu Sebagai Transit Oriented Development. diakses dari Portal Pemerintah Kota Yogyakarta. Rubrik Info Kota. https://warta.jogjakota.go.id/news/Yogyakarta-Kembangkan-Stasiun-Tugu-Sebagai-Transit-Oriented-Development

Wicaksono, Pribadi. (2016, 26 Desember). KAI Siapkan Anggaran untuk Menata Stasiun Tugu. diakses dari Tempo.co. Rubrik Bisnis. https://bisnis.tempo.co/read/830564/kai-siapkan-anggaran-untuk-menata-stasiun-tugu/full&view=ok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s